Upgrade Sepeda dan Mengubah dari Sepeda Gravel Menjadi Sepeda Commuter

setelah sebelumnya saya membuat posting blog tentang video Perakitan Sepeda Gravel Genio Scappa yang Dibeli via Online Shop. Untuk posting kali ini saya membuat video dokumentasi upgrade sepeda gravel genio scappa yang juga saya ubah menjadi sepeda commuter. Kenapa sepedanya diupgrade dan diubah? bukannya bawaan pabriknya sudah keren? berapa banyak duit yang dikeluarkan untuk upgrade dan mengubah dari sepeda gravel menjadi sepeda commuter?

Kenapa sepedanya diupgrade dan diubah? Terus terang saya tidak tidak begitu tertarik dengan part bawaan sepeda gravel genio scappa. Pas dicoba untuk gowes pun, hasilnya sesuai prediksi, biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Perpindahan gigi kurang lancar, baik RD maupun FD, bekerja kurang maksimal. Bahkan setelah saya setting ulang, belum ketemu settingan yang bikin gowes nyaman. Tetapi saya maklum, dari harga sepeda saja sudah murah, kita tidak bisa mengharapkan part yang berkualitas dari sepeda murah. Lalu kenapa kok beli sepeda ini? Satu-satunya alasan saya membeli sepeda ini adalah frame-nya. Bentuk frame-nya klasik banget. Seperti frame federal yang legendaris itu atau seperti frame sepeda gravel dari pabrikan luar negeri. Ketika memutuskan membeli sepeda gravel genio scappa, saya juga sudah mempersiapkan part-part untuk upgrade.

Bukannya bawaan pabrik sepeda gravel genio scappa sudah keren? Seperti yang sudah saya sebutkan di paragraf di atas, yang paling keren dari sepeda gravel genio scappa adalah frame-nya. Sebagian besar part-part sepeda gravel genio scappa saya upgrade kecuali frame-nya -tentu saja-, ban dan velg-nya, seatpost, dan rotor rem cakramnya. Selain yang saya sebutkan tadi diupgrade semua.

Berapa duit untuk upgrade dan mengubah sepeda gravel menjadi sepeda commuter? Silahkan ditotal sendiri, saya akan menyebutkan harga per part yang diupgrade. Rear Derailleur (RD) Shimano Claris 8 speed saya beli dengan harga Rp 267.400, Front Derailleur (FD) Shimano Claris double Rp 205.900, Cassette sprocket Shimano Claris HG500 8 speed 11-34T Rp 288.000, Crankset Shimano Claris 34-50T Rp 754.470, Bottom Bracket (BB) Shimano RS500 Rp 197.000, Hub freehub depan belakang dari Speed Rp 288.200, kaliper rem cakram semi hidrolik dari Zoom Xtech Rp 472.000, Outer dan Inner kabel dari jagwire Rp 110.000, Shifter Shimano Claris flatbar 8×2 speed Rp 607.500, Handlebar Genio Rp 50.000, Hand grip Rockbros Rp 92.000, Stem MXL Rp 115.000, pedal Wellgo alloy Rp 109.500, sadel West Biking Rp 43.500

Itulah harga-harga dari part yang menjadi upgrade dari part bawaan pabrik sepeda gravel genio scappa. Kalau ada harga yang belum dicantumkan, silahkan tulis di kolom komentar.

Kenapa sepeda gravel genio scappa diubah menjadi sepeda commuter? Terus terang karena budget yang terbatas, terutama untuk part brifter. Untuk brifter Shimano Claris 2×8 speed itu harganya dua kali lipat daripada shifter Shimano Claris 2×8 speed. Saya realistis dan tidak bisa menunggu sampai ada dana untuk membeli brifter Shimano Claris. Lain kali saja jika ada dana lebih, beli brifter Shimano Claris dan sepedanya jadi sepeda gravel lagi

Tulisan ini dipublikasikan di Review dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *